Ketua PMI Pekanbaru Ucapkan Terima Kasih dan Berik

Relawan Peduli Covid-19  Gelar Bakti Sosial,  350 Pendonor Mendaftar 

Pembukaan Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan bersama Relawan Peduli Covid-19 yang digelar di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (14/05/2020) malam.

PEKANBARU-(KIBLATRIAU.COM)-- Di tengah pandemi wabah Covid-19 ini, membuat ketersediaan stok darah di PMI Kota Pekabaru mengalami kekurangan. Untuk membantu PMI dalam memenuhi persediaan darah tersebut, Relawan Peduli Covid-19 yang diketuai Dirmanto Chang menggelar aksi bakti sosial donor darah.Kegiatan yang bertajuk "Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan" ini berlangsung selama lima hari di Hotel Furaya Pekanbaru, yakni mulai Kamis (14/05/2020) hingga Senin (18/05/2020).

"Kami sangat berterima kasih sekali atas dukungan bapak/ibu semua, sehingga aksi Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan ini bisa berjalan dengan baik," ujar Dirmanto saat menyampaikan laporan pada acara Pembukaan Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan bersama Relawan Peduli Covid-19 yang digelar di Hotel Furaya Pekanbaru, Kamis (14/05/2020) malam.

Sebagaimana diketahui, sebut Dirmanto, selama bulan suci Ramadhan ini Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dimana masyarakat disuruh untuk stay at home dan juga work from home. Sedangkan.saat ini, PMI sangat kewalahan untuk memenuhi ketersediaan stok darah. "Oleh sebab itu, kami.diajak oleh PMI Kota Pekanbaru untuk bersama-sama mengadakan bakti sosial (baksos) donor darah. Atas ide dan gagasan Pak Toni Lim Thian Cui, kami menyelenggarakan Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan ini. Suatu hal yang tak kami pikirkan, dalam situasi bulan.suci Ramadhan dan juga PSBB dimana semuanya stay at home kami berpikir ini tidak mungkin tercapai. Tetapi, satu hari setelah kami diskusi dan melakukan pendaftaran sudah 2.000 pendonor yang daftar. 

Jadi kita bersyukur ini untuk keinginan membantu sesama. Bahkan pada hari ini saja, dua jam kita buka pendaftaran sudah ada 350 pendonor yang mendaftar. Sampai-sampai kita berhenti untuk menerima pendaftaran pendonor. Dan pendaftaran terpaksa kita lanjutkan pada Jumat (15/05/2020), karena PMI kewalahan. Apalagi sekarang kita lagi PSBB," papar Dirmanto.

Oleh sebab itu, sambung Dirmanto, Relawan Peduli Covid-19 ingin sekali membantu PMI untuk memenuhi kebutuhan stok darah ini. Namun demikian, Relawan Peduli Covid-19 tetap menjalankan protap PSBB yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. "Semua ini akan kami lakukan sebaik-baiknya. Dan kami mohon bimbingan dan arahan dari Pak Gubernur Riau Pak Syamsuar agar pelaksanaan baksos Gerakan 1.000 Kantong Darah ini.sesuai aturan PSBB dan bisa bermanfaat," ujarnya.

Sementara Ketua PMI Kota Pekanbaru Drs H M Noer MBS SH MSi MH dalam.sambutannya mengatakan, bahw bakti sosial Gerakan 1.000 Kantong Darah Ramadhan yang digagas Relawan Peduli Covid-19 ini menjadi sebuah keajaiban dan kekuatan bagi PMI. Karena dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sumber pendonor berkurang. Sehingga Gubernur Riau sampai turun tangan memberi motivasi. 

"Alhamdulillah hari ini menjadi.suatu bentuk kekuatan yang luar biasa. Dimana sejak sore sudah terjadi antrean para pendonor untuk mendaftar. Ini artinya, luar biasanya sambutan masyarakat atas dedikasi kawan-kawan Relawan Peduli Covid-19. Sekali lagi kami berterima kasih sekali kepada semua pihak. Dan ini mudah-mudahan adalah sebagai bentuk kepedulian yang membuat kita semua, terutama UGD PMI Kota Pekanbaru menjamin tersedianya stok darah di UGD kita yang melayani seluruh rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru, termasuk Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad. Sekali lagi terima kasih dan kami beri aplaus buat relawan semuanya," ungkap M Noer yang juga sebagai Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru ini.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/Wirabima Kolonel Inf M Syech Ismed SE MHan, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Riau, Marsma TNI Rakhman Haryadi.  Selain itu, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka ST MM, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana, Ketua PMI Kota Pekanbaru Drs H M Noer MBS SH MSi MH, unsur Forkopimda Riau, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau H Zulmansyah Sekedang dan pengurus paguyuban dan komunitas Tionghoa yang ada di Kota Pekanbaru.(Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar